Senin 26 Nov 2012 11:36 WIB

Begini Nih Cara Pertahankan Ketajaman Otak untuk Manula

Pria Manula Berolahraga
Foto: campingroadtrip.com
Pria Manula Berolahraga

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Membaca dan menulis ternyata mampu melestarikan keutuhan susunan pada otak orangtua. Kesimpulan itu didapat dari hasil studi baru yang disajikan dalam pertemuan tahunan Radiological Society of North America, Ahad (25/11) kemarin.

Meskipun penelitian terdahulu telah memperlihatkan hubungan antara kegiatan kognitif pada usia senja dan ketajaman mental yang lebih baik, studi baru tersebut meneliti apa dampak kegiatan kognitif pada usia senja yang mungkin ada pada wilayah putih otak, yang terdiri atas serat syaraf, atau axon, yang mengirim informasi ke seluruh otak.

Xinhua melaporkan, para peneliti menggunakan MRI untuk memeriksa otak 152 orang, yang rata-rata berusia 81 tahun. Para peserta tak menderita dementia atau gangguan kognitif ringan, berdasarkan penilaian klinis terperinci.

Para peneliti meminta peserta membuat peringkat satu sampai lima, seberapa sering mereka ikut dalam daftar kegiatan yang melibatkan mental selama satu tahun belakangan. Di antara kegiatan itu adalah membaca surat kabar dan majalah, menulis surat dan main kartu serta permainan yang menggunakan papan.

Para peneliti tersebut mendapati ada hubungan mencolok antara kegiatan mental yang sering dan keutuhan susunan pada beberapa bidang putih di otak. "Membaca surat kabar, menulis surat, mengunjungi perpustakaan, menghadiri permainan atau ikut bermain, seperti catur atau halma. Semuanya adalah kegiatan sederhana yang dapat memberi sumbangan pada otak yang lebih sehat," kata Konstantinos Arfanakis, Asisten Profesor di Rush University Medical Center di Chicago, di dalam satu pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement