Ahad 21 Oct 2012 14:54 WIB

Waspada, Osteoporosis Percepat Menopause

Rep: Heri Purwata/ Red: Karta Raharja Ucu
Masa menopause bisa diprediksi
Masa menopause bisa diprediksi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Osteoporosis mayoritas diderita perempuan, namun tak sedikit pria yang juga terkena pengeroposan tulang. Bahkan bagi perempuan, esteoporosis juga bisa mempercepat terjadinya menopouse.

Menopouse adalah berhentinya masa kesuburan dan masa reproduksi perempuan dengan ditandai berhentinya masa menstruasi. "Ada perempuan di usia 30-an tahun yang sudah menopouse," kata Nyoman Kertia, Spesialis Penyakit Dalam dan Penyuluhan Rematologi (Sp PDPR) di Rumah Sakit Sarjito Yogyakarta, saat peringatan Hari Osteoporosis di Gedung Olah Raga Amongrogo, Yogyakarta, Ahad (21/10).

Nyoman menjelaskan osteoporosis tidak hanya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun. "Bahkan di usia produltif pun bisa terkena," sebutnya seraya menjelaskan malnutrisi dan kekurangan kalsium di usia muda menjadi salah satu faktor pengeroposan tulang. (baca: Wanita 'Kutilang Darat' Rentan Kena Osteoporosis).

Orang yang terkena osteoporosis, tutur Nyoman, sangat rentan patah tulang dan bungkuk. Tulang yang paling sering patah adalah tulang pinggul karena banyak menahan beban. Juga tulang punggung dan tulang pergelangan tangan.

Tulang punggung juga banyak menahan beban karena menahan organ depan manusia dan jika sering untuk menahan beban jika orang mengangkat barang. "Tulang pergelangan tangan juga rawan patah karena jika seseorang terjatuh secara reflek tangan akan menahan beban tubuh," sebutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement