Selasa 05 Jun 2012 18:29 WIB

Kekurangan Nutrisi Faktor Utama Penyebab Kematian Ibu Melahirkan

Ibu hamil (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Ibu hamil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedikitnya 228 dari 100 ribu ibu di Indonesia meninggal dunia saat melahirkan. Informasi itu disampaikan Utusan Khusus Presiden RI untuk Millenium Development Goals (MDGs), Prof Dr dr Nila Moeloek, SpM(K), Senin (4/6).

"Kematian ibu saat mengandung dan melahirkan memang terjadi karena banyak faktor, namun sebagian besar karena masalah dengan nutrisi," ujar Moeloek pada jumpa pers di kantor KPAI, Jakarta.

Moeloek mengungkapkan, kasus kematian ibu terbanyak adalah karena kurang gizi, anemia, pendarahan, dan cacingan. "Sisanya diakibatkan masalah struktural, aborsi, serta pertolongan persalinan oleh petugas yang tidak kompeten," ujar Moeloek.

Menurut Moeloek, angka yang menunjukkan permasalahan gizi yang dihadapi ibu hamil seharusnya dapat ditekan, dengan penyuluhan tentang pentingnya nutrisi pada makanan. "Makan itu bukan masalah kuantitasnya, namun kualitasnya yang harus dipentingkan," ujar Moeloek saat disinggung perihal ibu hamil yang menambah porsi makannya secara berlebihan.

Dijelaskannya, gizi seimbang tidak perlu didapatkan secara mahal, karena selalu ada bahan pangan pengganti dengan kualitas serupa. "Contoh saja daging yang merupakan salah satu sumber protein, ini dapat diganti dengan telur atau pun ikan yang sama-sama sumber protein tinggi," ujar Moeloek mengakhiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement