Senin 16 Apr 2012 21:00 WIB

Ini Dia 10 Tips Dr. Breus Agar Tidur Berkualitas

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
Tidur (Ilustrasi)
Tidur (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita ketahui bersama, istirahat yang cukup merupakan salah satu syarat untuk hidup sehat.

Namun istirahat yang cukup atau berkualitas masih menjadi momok masyarakat modern yang dituntut bekerja keras.

Lalu bagaimana untuk mendapatkan tidur berkualitas ?

Dr. Michael Breus ahli tidur dan kecantikan membagi tips agar tidur lebih berkualitas. Ia mengatakan dengan tidur berkualitas, selain sehat dapat menjadikannya kosmetik alami.

1. Bangun. Bersinar  Rutin bangun pada waktu yang sama setiap hari, set tubuh anda pada jadwal tidur yang tepat tanpa memperhatikan kapan Anda tidur.

2. Biarkan matahari menyinari diri anda. Apa itu melalui jendela yang masuk ke kamar atau saat berangkat keluar rumah.  Mendapatkan sinar matahari langsung selama 15 menit setiap hari dapat membantu tubuh mengatur ulang jam di dalam tubuh.

3. Tidur siang dan sedikit kopi. Minum sedikit kopi, kemudian diikuti dengan tidur siang selama 20 menit dapat membantu mengembalikan kondisi tubuh.

4. Buat jadwal minum kopi. Hilangkan kafein setelah pukul 02.00 WIB dan berhenti berolah raga empat jam sebelum tidur.

5. Buat nyaman tempat tidur. Bersihkan kamar anda. Orang-orang akan tidur lebih baik, di tempat tidur dan kamar tidur yang rapi. Ganti seprai setidaknya sekali seminggu, investasikan waktu dan uang anda untuk membeli kasur dan bantal yang nyaman.

6. Dr. Breus menyebutkan, matikan email, video game, hentikan memikirkan pekerjaan, tagihan dan mencemaskan lain. Sisihkan 20 menit untuk bersih-bersih, 20 menit untuk meditasi, dan 20 menit berikutnya untuk relaksasi sebelum tidur.

7. Namun ada beberapa orang yang perlu menyalakan televisi dan menonton televisi di tempat tidur. Beberapa orang perlu mengaktifkan otak  mereka sebelum tidur. Coba tonton sitkom setengah jam sebelum tidur. Hindari berita, film aksi atau reality show yang membuat otak bekerja lebih keras.

8. Baca buku. Cobalah membaca fiksi, terutama cerita yang akrab atau dengarkan buku yang dilengkapi audio.

9. Peringatan jangan menggunakan obat tidur atau penenang. Penggunaan obat tersebut lebih dari 10 malam perbulan dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda. Efeknya bisa membuat anda merasa grogi selama 12 jam.

10. Melatonin. Alami tak berarti aman, Melatonin adalah hormon yang mengatur tidur, dan aman bila digunakan dengan benar. Namun berbahaya jika digunakan dengan dosis tinggi.

sumber : the Huffington post
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement