Jumat 30 Mar 2012 02:20 WIB

Risiko Naik Pesawat untuk Manula

Pria Manula Berolahraga
Foto: campingroadtrip.com
Pria Manula Berolahraga

REPUBLIKA.CO.ID,Hati-hati jika bepergian dengan pesawat terbang. Naik pesawat terbang --terutama bagi manusia berusia lanjut (manula) dapat membahayakan kesehatan. Sebab pada ketinggian tertentu oksigen dalam darah bisa menurun.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Dundee, Inggris menyimpulkan banyak penumpang pesawat berusia lanjut menderita pembekuan darah dan keluhan nyeri pada lutut karena rendahnya tekanan udara dalam kabin pesawat. Dr Philip James, kepala penelitian menyatakan, penumpang pesawat berusia lanjut juga lebih besar risiko terserang hypoxia -- penurunan tingkat oksigen dalam darah. Orang dewasa di atas usia 40 tahun cenderung lebih rendah kadar oksigen dalam darahnya.

Sayangnya, lanjut James, rata-rata pesawat jet rancangan terakhir memiliki tubuh panjang dengan tekanan kabin yang rendah demi menghemat biaya perawatan. Rancangan ini, tambahnya, harus dikoreksi untuk lebih menyamankan penumpang berusia lanjut. Untuk memperkecil risiko pembekuan darah, James menyarankan penumpang pesawat terbang mengenakan kaus kaki yang elastis dan berjalan-jalan di sekitar tempat duduk dan kabin selama penerbangan. Disarankan juga untuk minum air putih sebanyak mungkin.

sumber : infohealth
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement