Jumat 24 Feb 2012 07:08 WIB

Sering Berlama-lama di Depan Komputer, Simak Trik Supaya tidak Sakit

Anak dan internet/ilustrasi
Foto: ehow.com
Anak dan internet/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Berlama-lama di depan komputer atau laptop sembari berselancar di dunia maya memang asyik. Tidak terasa sudah berjam-jam kita melakukan itu. Namun, tahukah Anda bahwa berlama-lama di depan komputer bisa membahayakan untuk kesehatan?

Menurut dr Zubairi Djoerban, ahli penyakit dalam dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dari sisi medis, duduk berjam-jam di depan komputer bisa menimbulkan efek yang kurang baik.

Padahal, mata manusia harus beristirahat apabila selama kurang lebih dua jam telah digunakan untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh seperti membaca, mengetik, dan menggambar. Jika tidak, mata akan berkunang-kunang, mengakibatkan keluhan sakit kepala atau pusing, dan mengurangi kemampuan untuk memfokuskan perhatian. Selain itu, kata Zubairi, jarak mata dengan komputer sebaiknya minimal 30 sentimeter untuk mengurangi ketegangan pada otot mata (akomodasi).

Fungsi tangan yang sangat berperan ketika seseorang berada di depan komputer terutama otot pergelangan tangan dan jari juga harus diperhatikan. Jika terasa lelah, jangan segan untuk berhenti sebentar dan beristirahat.

Posisi duduk yang baik di depan komputer adalah duduk dengan punggung yang lurus dan bahu yang tegak. Gerakan-gerakan ringan seperti berdiri sebentar kemudian meluruskan tangan ke atas dan memutar pinggang ke kiri dan ke kanan dapat membantu otot-otot tubuh untuk rileks dan mencegah kram atau pegal-pegal. Tidak sulit, bukan?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement