Rabu , 08 February 2017, 15:08 WIB

Agar Umrah Bersama Keluarga Nyaman dan Aman

Rep: mgrol86/ Red: Agung Sasongko
AP / Mosa'ab Elshamy
Ilustrasi Jamaah Umrah
Ilustrasi Jamaah Umrah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda dan sekeluarga berniat melaksanakan umrah. Nah, jangan remehkan persiapan dan perencanaan baik dari finansial, kesehatan, dan mental.

Untuk itu, Republika.co.id memberikan tips agar nyaman umrah bersama keluarga.


Perisapkan dana ekstra

Jika anda berniat  umrah bersama keluarga siapkan dana ekstra, sebab banyak dana yang harus anda keluarkan.

Pilih paket umrah keluarga

Setiap travel haji dan umrah biasanya memiliki beberapa paket atau menu yang bisa dipilih oleh calon jamaah, dan biasanya travel menyediakan layanan paket umrah request yang bisa di tentukan tanggal keberangkatan, jumlah jamaah, pilihan hotel, pesawat dan lain-lain sesuai dengan permintaan jamaah.

Tapi biasanya ada jumlah minimal jamaah untuk menjadi satu kelompok dalam umrah paket request ini dan biasanya ada biaya khusus. Karena paket ini diluar dari paket-paket layanan yang sudah ditentukan oleh travel.

Buat Kesepakatan

Sering kali jamaah tersasar di Masjid Al-Haram karena semua pintu bentuknya sama dan yang membedakan hanyalah nomor pintu atau jalannya saja. banyak juga suami istri yang berselisih karena saling menunggu di tempat yang salah.

Untuk itu perlunya dibuat kesepakatan sejak awal oleh keluarga akan masuk dan keluar dari pintu mana, buat kesepakatan agar selalu memberi informasi jika ingin berpisah dari kelompok. Hal ini akan mengurangi kemungkinan timbulnya perselisihan.

Tertib dan kesampingkan ego

Setiap travel atau gaet memiliki peraturannya masing-masing, setiap orang memiliki ego masing-masing apalagi jika dalam lingkup keluarga, seseorang akan merasa dikenal dan cenderung akan lebih menunjukan karakter masing-masing jadi banyak yang mengeluarkan sikap egoisnya.

Hal ini pun dapat menimbulkan perselisihan dan ketidaknyamanan keluarga di Tanah Suci. Padahal tujuannya sama adalah ibadah. Untuk itu, agar tercipta kenyamanan bersama sebaiknya mengikuti aturan pemandu.