Monday, 5 Jumadil Awwal 1439 / 22 January 2018

Monday, 5 Jumadil Awwal 1439 / 22 January 2018

Oleh-Oleh Khas Jambi untuk Keluarga di Rumah

Kamis 29 December 2016 12:40 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih

Pedagang makanan dan minuman menunggu calon pembeli di kawasan Tanggo Rajo dengan latar belakang jembatan pedestrian Gentala Arasy dan Sungai Batanghari di Jambi.

Pedagang makanan dan minuman menunggu calon pembeli di kawasan Tanggo Rajo dengan latar belakang jembatan pedestrian Gentala Arasy dan Sungai Batanghari di Jambi.

Foto: Antara/Wahdi Septiawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bepergian ke suatu daerah tidak akan sempurna tanpa membawa pulang buah tangan atau oleh-oleh untuk karib kerabat di rumah. Jika Anda berencana menghabiskan waktu libur dengan berkunjung ke Jambi, sempatkanlah untuk mampir ke outlet-outlet yang menjual oleh-oleh khas daerah ini. Di sana, Anda akan menemukan berbagai macam bentuk oleh-oleh mulai dari kuliner hingga souvenir khas Jambi.

Ke Jambi? Jangan Lewatkan Kuliner Ini

Berikut beberapa buah tangan yang wajib Anda bawa untuk keluarga sepulang dari Jambi:

Batik Jambi

Selain Jawa, Jambi merupakan salah satu produsen batik terpopuler di Pulau Sumatra. Di Jambi terdapat beberapa sentra batik yang bisa Anda kunjungi yaitu salah satunya di Kota Seberang Jambi. Jika tidak sempat mengunjungi sentra batik di Jambi, Anda bisa membeli batik di beberapa toko dan galeri batik di Kota Jambi.

Motif batik Jambi sangat beragam mulai dari tema alam seperti motif Sungai Batanghari, tema buah dengan motif durian pecah, tema hewan seperti motif angso duo hingga tema kapal dengan motif kapal sanggat dan masih banyak motif lainnya. Harga yang ditawarkan pun bervariasi sesuai jenis kain batik. Untuk per meternya, kain batik dibanderol mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu.

Kerajinan tangan khas Jambi

Seperti beberapa daerah lain, Jambi juga memiliki kerajinan tangan yang khas. Jambi terkenal dengan kerajinan tangan anyaman. Anyaman yang dihasilkan bermacam-macam seperti tikar, bakul, dan niru. Selain itu ada pula kerajinan dari logam diantaranya pisau, parang, kampak, dan beliung.   

Marchandise khas Jambi

Bagi Anda yang ingin membeli marchandise saja, Anda bisa menyambangi oulet-outlet khusus penyedia berbagai macam oleh-oleh khas Jambi seperti outlet Temphoyac. Outlet yang ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga artis-artis ini menyediakan kaos, tas, souvenir hingga jajanan khas Jambi. Harga yang ditawarkan pun sangat ramah dengan dompet Anda mulai dari Rp 50 ribu-Rp 65 ribu untuk kaos, Rp 5 ribu-Rp 200 ribu untuk souvenir dan Rp 5 ribu-Rp 35 ribu untuk makanan khas Jambi.

Nah, untuk mempermudah agenda wisata Anda di Jambi, ada baiknya memesan hotel terlebih dahulu. Hotel Airy Rooms menyediakan layanan melalui aplikasi Android atau Apple Store. Selain itu Anda juga bisa reservasi lewat situs www.airyrooms.com atau untuk layanan konsumen bisa menghubungi 0804-111-2479 (fix line) dan 0812-8070-0020 (WhatsApp).

Hotel dari Airy Rooms dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan Wi-Fi gratis. Harganya murah karena Airy Rooms bekerja sama dengan sejumlah hotel. Untuk pembayarannya pun sangat mudah, bisa melalui transfer rekening antar bank, atau pun kartu kredit.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES