Thursday, 9 Ramadhan 1439 / 24 May 2018

Thursday, 9 Ramadhan 1439 / 24 May 2018

Abaya Modern Menjadi Tren Perempuan Arab Saudi

Sabtu 21 April 2018 01:00 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah

Perempuan Saudi berolahraga sambil mengenakan abaya moderen

Perempuan Saudi berolahraga sambil mengenakan abaya moderen

Foto: thenational
Abaya model baru semakin banyak dikenal oleh masyarakat Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,  JEDDAH -- Di Arab Saudi, model abaya yang lebih modern dan berwarna sedang menjadi tren. Perlahan-lahan, versi abaya yang lebih sporty menjadi hal yang normal di lingkungan masyarakat negara Timur Tengah tersebut.

Bulan lalu, foto seorang atlet perempuan berlari di Laut Merah menjadi viral dan menimbulkan perdebatan. Banyak orang yang juga tidak setuju oleh pernyataan Pangeran Mohammed bin salman mengenai abaya bukan hal yang wajib dalam Islam.

photo

Perempuan Arab Saudi mengenakan abaya modern

Meskipun demikian, abaya model baru semakin banyak dikenal oleh masyarakat Arab Saudi. Seorang desainer yang membuat versi modern dari abaya, Eman Joharjy mengatakan ada banyak permintaan abaya yang ia desain. "Ada banyak permintaan terhadap abaya modern. Dengan menambahkan banyak warna, membuat abaya seakan memberi kuasa pada perempuan," kata Joharjy dilansir di The National, Jumat (20/4).

Abaya tersebut mirip dengan jumpsuit atau pakaian baju dan celana yang menjadi satu dengan sebuah ritsleting di bagian depannya. Abaya modern menutupi tubuh perempuan namun tetap membuat mereka mudah bergerak khususnya dalam aktifitas olah raga.

photo

Perempuan Arab Saudi berolahraga sambil mengenakan abaya moderen

Model abaya yang dibuat pun memiliki berbagai macam pilihan warna. Antara lain adalah hijau, beige, putih. Joharjy juga menggunakan kain yang nyaman digunakan meskipun tubuh berkeringat. "Memang ada sedikit penentangan. Namun saya membuatnya untuk diri sendiri karena lebih praktis. Ritsleting direkatkan dan anda siap untuk pergi," ujar dia.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES