Selasa , 09 January 2018, 11:13 WIB

Produk Kuku Jari Tangan Ini Bantu Atasi Sengatan Matahari

Rep: Noer Qomariah Kusunawardhani/ Red: Winda Destiana Putri
Mirror.co.uk
Sunburn. ILustrasi
Sunburn. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PRANCIS -- Perusahaan kosmetik berbasis Prancis, LOreal meluncurkan produk kuku jari tangan terbaru. Produk terbaru ini bertujuan untuk membantu mengatasi sengatan sinar matahari.

Sensor kecil seharga 40 dolar Amerika Serikat (AS) ini hanya dirancang untuk ibu jari. Sensor diletakkan untuk mendeteksi sinar matahari dan memperingatkan pengguna tentang risiko sengatan matahari.

Sensor terhubung ke smartphone pemakainya melalui chip tanpa kontak dan mengirim peringatan jika orang berjemur berisiko terbakar sinar matahari. Aplikasi smartphone kemudian menyimpan data untuk menunjukkan seberapa sering pengguna terkena sinar matahari dari waktu ke waktu.

Menurut laporan The Telegraph, seperti yang dikutip dari Fox News, Selasa (9/1), ukuran sensor ini setebal dua milimeter dan menempel pada ibu jari, area optimal untuk mendeteksi sinar matahari. Sensor dirancang oleh Universitas Northwestern dan terdiri dari koleksi sensor dan konektor silikon yang mendeteksi sinar ultra violet.

Perusahaan ini meluncurkan produk baru ini di Consumer Electronics Show di Las Vegas. LOreal berencana untuk merilis produknya di Inggris pada2019.

Sebelumnya. LOreal pernah merilis sebuah patch yang penggunaannya dikenakan langsung di kulit untuk mengukur paparan sinar matahari dan mendeteksi sinar UV yang berbahaya. Hasilnya, 34 persen orang menjadi lebih sering memakai tabir surya dan 37 persen lainnya memilih berteduh.