Ahad 04 Dec 2016 04:49 WIB

Gunakan Lima Bahan Ini untuk Merawat Kulit Berjerawat

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Jerawat (ilustrasi)
Foto: stylecraze.com
Jerawat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kulit berjerawat tak hanya muncul di bagian muka saja namun juga di beberapa bagaian lain seperti dada, kaki, dan juga lengan. Selain karena hormon, cedera seperti luka bakar atau kondisi cuaca ekstrem juga dapat menyebabkan kondisi kulit berjerawat.

Kulit berjerawat dapat membuat seseorang terlihat lebih tua namun ada beberapa cara untuk mngatasi masalah tersebut. Lima bahan ini bisa digunakan di rumah untuk kulit yang berjerawat.

Pertama, yogurt membantu dalam merawat kulit yang berjerawat terutama ketika disebabkan oleh sengatan matahari. Asam laktat dalam yogurt dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

Penggunaannya bisa dengan mengoleskan yogurt polos di bagian kulit yang berjerawat lalu cuci dengan air hangat. Campur yogurt dengan bubuk kunyit juga bisa menjadi cara lain dan tunggu hingga setengah jam setelah dioleskan. Cara tersebut bisa membuat wajah lebih cerah.

Bahan kedua yaitu aloe vera yang sangat berguna untuk merawat kulit berjerawat karena terbakar sinar matahari. Aloe vera memiliki kandungan anti-inflamasi dan pelembab yang bisa mengembalikan warna kulit kembali cerah.

Penggunannya bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang berjerawat dan mencucinya setelah didiamkan selama setengah jam. Lakukan cara tersebut selama dua atau tiga kali sehari.

Bahan ketiga yaitu minyak kelapa yang merupakan pelembab kulit terbaik karena asam lemak di dalamnya. Minyak tersebut juga emiliki antibakteri dan anti-inflamasi yang sifatnya dapat membantu peradangan kulit.

Selanjutnya adalah minyak kelapa. Cara menggunakannya bisa dengan menggosokkan minyak kelapa hangat pada bagian jerawat dari kulit. Minyak kelapa juga dapat dicampur dengan gula merah dan madu lalu gosokkan kulit yang berjerawat.

Llau, oatmeal juga bisa menjadi obat sederhana untuk kulit yang berjerawat karena sifatnya yang lembab dapat melindungi kulit mengalami kekeringan. Oatmeal juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa membuat kulit berjerawat tak menjadi kemerahan. Campurkan oatmeal dengan air hangat dan madu lalu oleskan pada kulit yang berjerawat.  

Bahan terakhir yaitu minyak Vitamin E yang mengandung antioksidan sehingga dapat megembalikan kulit dari kerusakan yang disebabkan radiasi sinar UV. Cara menggunakannya, campur isi kapsul Vitamin E secara menyeluruh dengan minyak jarak lalu oleskan pada kulit yang berjerawat.

Lakukan cara tersebut sebelum tidur dan bilas keesokan harinya. Vitamin E juga dapat ditemui di bahan makanan seperti almond, bayam, kangkung, biji mentah, dan lobak hijau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement