Sabtu , 12 August 2017, 07:31 WIB

Mengeringkan Rambut dengan Hairdryer Ternyata Lebih Sehat

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Pixabay
Mengeringkan rambut dengan hairdryer.
Mengeringkan rambut dengan hairdryer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah lama dipercaya bahwa hairdryer atau pengering rambut dapat membuat rambut rusak. Akan tetapi mungkin tidak demikian jika seorang ahli yang bisa mengungkapkan penggunaan hairdryer akan lebih baik.

Penelitian oleh ilmuwan Dr Tim Moore telah mengungkapkan bahwa membiarka rambut terpapar udara kering secara alami, sebenarnya lebih merusak daripada menggunakan pengering rambut. Ia menemukan bahwa, menggunakan pengering rambut pada jarak yang tepat, suhu yang benar, dan metode langkah demi langkah yang tepat, dapat menyebabkan kerusakan lebih sedikit. Daripada membiarkan rambut kering di udara secara alami.

"Saat rambut basah, serat rambut akan membengkak dan menjadi lebih lemah. Oleh karena itu, pemaparan udara yang berkepanjangan akan berarti lebih banyak kesempatan untuk merusak rambut. Karena berada dalam keadaan lemah ini," kata Dr Tim Moore, dilansir dari laman Daily Mail.

"Meminimalkan waktu Anda membiarkannya basah adalah ide bagus, tapi Anda perlu mengeringkannya dengan benar sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang lebih," lanjut dia.

Dr Tim Moore menjelaskan ketika rambut bersentuhan dengan air, ia membengkak. Dan, semakin lama pembengkakan berlangsung semakin banyak tekanan yang diberikan pada protein halus, dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Protein menjaga agar rambut tetap utuh.