Ahad , 18 Juni 2017, 16:49 WIB

Trik Kulit Cantik Saat Lebaran Nanti

Rep: DESY SUSILAWATY/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Rakhmawaty La'lang
Kecantikan kulit merupakan salah satu perhatian terbesar Kaum Hawa.
Kecantikan kulit merupakan salah satu perhatian terbesar Kaum Hawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan bulan yang dinantikan umat Islam. Di masa ini umat menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Tidak makan dan tidak minum untuk mengistirahatkan organ pencernaan selama kurang lebih 12 jam tentu memberi manfaat bagi kesehatan tuvuh secara menyeluruh.

Namun bila tidak diimbangi dengan asupan cairan dan nutrisi yang baik saat berbuka dan sahur tentu akan menimbulkan beberapa masalah yang dapat mengganggu kelancaran beribadah dan penampilan saat merayakan Lebaran.  Khusus untuk permasalahan kulit, kekurangan cairan dan nutrisi menyebabkan kekeringan pada kulit yang ditandai dengan munculnya kerut halus pada bagian pipi, area mata dan kening. Bila tak segera diatasi kulit akan mengelupas dan wajah terlihat kusam.

CEO PT. Cakra Daya Makmur, Livienne Russelia, yang menaungi sejumlah merek kecantikan menjelaskan agar kulit sehat selama puasa produk yang wajib dipakai adalah pelembab. Karena selama puasa asupan cairan terbatas. Hal ini akan mempengaruhi kulit. Kulit cenderung lebih kering, makin kusam, dehidrasi.

"Jadi jangan lupa pakai pelembab. Kapanpun. Setelah mandi. Minimal dua kali pemakaian. Pagi dan sebelum tidur. Kalau tambahan kapan saja sesuai kebutuhan. Kalau kulit cenderung lebih kering. Pakai lebih sering. Apalagi di dalam ruangan ber-AC," jelasnya kepada wartawan dalam acara VIENNA Talk Show 'Kulit Cantik Saat Puasa & Lebaran' di Jakarta belum lama ini.

Selain itu bisa memakai sabun yang lebih mild atau lembut. Kenapa? Supaya kulit tidak sampai kering. Gunakan produk sabun susu yang diformulasi dengan sulfaktan mild. Sabun dan lulur harus lebih rajin pakainya. "Supaya saat Lebaran wajah lebih kinclong dan cerah. Gunakan sabun berbeda untuk tubuh dan wajah," sarannya.

Selain itu Anda juga bisa gunakan masker. Pakai dua sampai tiga kali seminggu. Masker ada beberapa pilihan ada masker yang dibilas dan ada juga yang bermetode peel-off atau seperti dikupas. Ada pula masker yang dipakai sebelum tidur. "Pagi pada saat mandi sudah cerah. Selama waktu tidur masker bekerja. Saat pagi kulit cerah dan lembut."

Yang tak kalah penting adalah penggunaan lipbalm. Saat puasa kulit bagus, bibir pecah-pecah masalah juga. Bisa juga gunakan masker bibir atau scrub bibir. Pada saat kering pecah-pecah, lakukan eksfoliasi untuk mengelupas kulit bibir yang kering. Gunakan yang mengandung scrub natural berupa biji-bijian alami yang memang untuk bibir.

Selain dari luar tubuh, agar kulit cantik dan sehat selama Ramadhan dan Lebaran, ada baiknya mengonsumsi makanan bergizi seperti vitamin dan mineral yang ada dalam buah dan sayur. Buah dan sayur apa saja bisa dikonsumsi dan itu hal wajib. "Harus lebih sehat asupan makanan yabg masuk dalam tubuh pada saat bulan puasa," ujarnya.